Mengenal Algoritma Google Lebih Dekat

Catatanernest- Mengenal Algoritma Google Lebih Dekat. Menurut abang Wikipedia pengertian dari Algoritma Google adalah sebuah rumus yang digunakan oleh google sendiri yang digunakan dengan tujuan untuk membasmi blog atau website spam. Google mengeluarkan Algoritma pertama kali pada tahun 1998 dan diberi nama Algoritma Google v.1.0 dan sekarang Google mengeluarkan Algoritma yang diberi nama Mobilegeddon. 

Algoritma Google menurut saya sebuah tantangan terbesar bagi pemilik blog atau website. Bagi blogger pemula mungkin munculnya algoritma google dianggap sebagai ancaman, karena dengan munculnya algoritma google ini kita di paksa untuk mengikuti aturan yang ada dalam google, mengapa saya bilang dipaksa? Karena kita harus benar-benar cermat  memahami mekanisme dan peraturan yang dikeluarkan google agar blog atau website kita mampu bersaing dan mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian google.
mengenal algoritma google

Dalam perjalanan nya Google telah beberapa kali mengupdate Algoritma. Sebagai penikmat SEO munculnya Google Algoritma tidak bisa dianggap remeh, Google juga tidak memberitahukan kepada kita kapan beliau update algoritmanya, sehingga kita harus mencari tahu dan meriset sendiri perubahan apa yang terjadi pada algoritma google tersebut.


Mengenal Bermacam-maacam Algoritma Google:

1.Algoritma Google Panda

Algoritma google panda diluncurkan pada bulan februari 2011. Algoritma Google Panda memiliki dampak yang begitu memukul bagi pemilik blog atau website, dikarenakan Algoritma Panda ini banyak membuang blog dari posisi serp dan bahkan ada blog-blog yang dihapus dari peredaran karena tidak sesuai dengan Algoritma Panda yang di luncurkan google tersebut. Sehingga banyak pertanyaan yang timbul dari pemilik blok dan website, mengapa mereka ditendang dari serp dan bahkan ada yang dihapus. Pihak Google sendiri meberikan penjelasan yang bisa di mengerti yaitu :
a. Blog atau web mempunyai kualitas konten yang rendah.
b. Blog atau web yang memiliki duplikat konten, sehingga kualitas konten blog atau web tersebut menjadi rendah dimata algoritma panda tersebut.
Jika saya simpulkan mengenai Algoritma Panda ini, Algoritma ini lebih berfokus pada kualitas konten dari blog atau website. Sehingga konten yang di berikan untuk pembaca lebih berkwalitas dan bermutu dan memberikan ruang sempit kepada blog copas yang ingin bersaing di mesin pencarian google, walaupun sampai sekarang pun masih saya temukan blog-blog yang menyajikan konten copas bertahan di mesin pencarian.

2.Algoritma Google Penguin

Algoritma google penguin di kenalkan oleh google pada April 2012, ada jarak 1 tahun dari algoritma google panda. Google mengeluarkan algoritma ini bertujuan untuk menyaring blog atau situs yang memiliki backling tidak wajar. Munculnya Algoritma Google Penguin ini juga banyak membersihkan blog atau website yang memiliki backlink tidak wajar, alhasil banyak blog dan web yang disingkirkan dari mesin pencarian google karena memiliki backlink yang sifatnya spam dan tidak wajar, misalkan blog yang bertema ‘’tips blogger’’ tetapi mendapat backlink dari situs ‘’lendir’’,itu salah satu contoh backlink tidak wajar yang terlihat oleh algoritma penguin ini. Lalu bagaimana cara kita terhindar dari Algoritma Google Penguin ini?
a. Buatlah backlink natural, sesuai dengan umur dari blog atau web anda. Jangan membacklink blog atau website anda secara berlebihan,berikan backlink yang berkwalitas.
b. Backlink yang relevan dengan blog anda atau sesuai topic yang blog anda angkat.
c. Berilah asupan backlink dari web yang memiliki otoritas tinggi dimata google, seprti .GOV .EDU
Kesimpulan saya adalah dengan adanya Algoritma Google Penguin ini, kita diarahkan oleh google untuk bersaing secara sehat dalam mencapai halaman pencarian google sendiri. Backlink relevan dengan tema blog kita merupakan makanan sehat yang dibutuhkan, sehingga blog atau web kita tidak masuk dalam buku hitam algoritma penguin ini.

3.Algoritma Google Dinosaurus

Algoritma Google Dinosaurus? waw mendengarnya saja kita sudah pasti takut, lalu apa sih yang di maksud dengan algoritma google dinosaurus ini? Awal mula google mengenalkan algoritma ini pada tanggal 7 Januari 2013, algoritma ini merupakan turunan dari algoritma google penguin. Tujuan google menciptakan algoritma dinosaurus hampir serupa dengan google penguin namun algoritma google dinosaurus lebis sadis, dia menghancurkan blog atau web yang tidak sesuai dengan kebijakan dari google. 

Mari kita lihat apa saja yang di hancurkan oleh Algoritma Google Dinosaurus ini.
a. Blog Benner
Algoritma dinosaurus menghancurkan blog atau web yang memiliki banyak benner di halaman blog nya, tentu saja benner ini sangan mengganggu pengunjung, google robot pun yang berjunjung menjadi terganggu sehingga melepaskan algoritma dinosaurus untuk menghancurkan blog yang memiliki banyak benner tersebut.
b. Backlink Tidak Relevan
Maksudnya adalah blog yang mempunya backlink yang tidak berkwalitas sepert yang sudah di jelaskan pada algoritma peguin diatas. Backlink yang berasal dari situs yang dianggap google sebagai spam.
c. Artikel Copas
Barhati-hatilah bagi anda yang memiliki konten yang copas maka blog anda akan di hancurkan oleh Algoritma google dinosaurus ini.
d. Situs 18+
Bagi anda yang memiliki situs ‘’lendir’’ mungkin bisa menhasilkna dolar yang banyak, tapi berhati-hati lah jika ketahuan sama om dino bisa di makan hidup-hidup tu blognya, #pengalamanpribadi.
e. Konten Asal dan Minim
Algoritma google dinosaurus juga tidak menyukai konten artikel yang asal asalan dan minim, sehingga dinilai tidak niat untuk menulis artikel yang bermanfaat.
Kesimpulan saya untuk algoritma dari dinosurus ini adalah buatlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung anda, jangan membuat konten yang melanggar perturan dari google sendiri, jangan terlalu banyak menampilkan banner yang dapat menutupi artikel sehingga artikel anda nyaman untuk dibaca oleh pengunjung yang dating ke blog atau situs anda.

4.Algoritma Google Hummingbird

Algoritma google hummingbird di keluarkan google sekitar September 2013 dengan tujuan untuk memahami apa yang diinginkan pembaca dengan mencari kata kunci di pencarian google tersebut. Sehingga google akan menampilkan konten yang benar-benar dicari oleh pencari. Misalnya saja kita mencari artikel tentang ‘’cara menghasilkan uang lewat blog’’ kita mencari dikotak pencarian google dengan kata kunci ‘’ menghasilkan uang’’ maka ada banyak konten yang menyediakan tentang kata kunci yang kita cari tersebut. Jika saya boleh simpulkan, Algoritma Google Hummingbird ini dapat membantu mencari konten yang sesuai dengan kata kunci yang kita bidik di google.

5.Algoritma Google Mobilegeddon

Algoritma Google Mobilegeddon ini baru tahun 2015 ini diluncurkan google, sekitar tanggal 21 April. Saat ini kita mengetahui bahwa pengguna smartphon suda banyak, maka google juga tidak mau ketinggalan untuk terus mengupdate algoritmanya menyesuaikan jaman. Dengan algoritma dari google baru ini,kita dapat mengakses berbagi situs dengan smartphone kita secara mobile friendly. Sehingga saya simpulkan bahwa algoritma ini di buat untuk menciptakan halaman blog yang ringan yang dapat diakses dari portal mobile. 
Mengenal Algoritma Google Lebih Dekat

Caranya sangat sederhana, apabila anda belum menerapkan maka terapkan lah dengan cara mencari template untuk blog anda, cari lah template yang responsive yang mobile friendly agar pengunjung blog anda mudah mengakses blog anda dari smartphone.

Demikianlah artikel singakat dari catatanernest tentang Mengenal Algoritma Google Lebih Dekat, apabila ada kesalahan atau kekurang sempurnaan dalam pemberian informasi ini saya selaku admin mohon maaf. Akhir kata saya ucapkan terimakasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa diartikel catatanernest selanjutnya. Salam Blogger Indonesia.