5 Cara HRD Memilih Karyawan Berkualitas

No Comments
5 Cara HRD Memilih Karyawan Berkualitas

Catatanernest.com - Memilih karyawan berkualitas bukanlah pekerjaan mudah.  Dibutuhkan kejelian dan kemampuan yang tinggi untuk mengenal ciri-ciri calon karyawan yang potensial. Ada beberapa pendekatan yang seharusnya digunakan oleh seorang HRD saat menjalankan perekrutan karyawan. Mau tahu apa saja bentuk pendekatan itu? Simak artikel ini hingga selesai ya!

1. Mendatangi Banyak Event Penting

Di berbagai acara penting, anda bisa mengiobrol dengan kandidat yang telah Anda tentukan. Banyak tim HRD yang menemukan kandidat yang cocok hanya dengan mengobrol santai. Sebagai seorang HRD, Anda juga bisa memberi pertanyaan yang bisa memancingnya untuk menceritakan segala hal tentang dirinya. Dengan begitu, Anda dapat membaca apakah karakternya seperti yang perusahaan inginkan.

Peluang Menghasilkan Uang Dari Bisnis Online

2. Melihat Kepribadian dengan Resume

Pada dasarnya, tidak ada ketentuan pada sebuah resume. Yang jelas, saat bertanya jawab dengan kandidat, gali terus kepribadiannya dan lihat interest mereka terhadap pekerjaan yang ditawarkan. Perhatikan apakah mintanya sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

3. Memberi Pertanyaan yang Tidak Standar

Untuk memancing jawaban kreatif dari kandidat, cobalah untuk memberi pertanyaan yang tidak terlalu standar. Sebagai contoh, ganti pertanyaan “coba ceritakan tentang kelebihanmu” dengan “beri tahu kami tentang kekuatan istimewamu”. Hal ini tentu akan membuatnya berpikir sejenak agar bisa merangkai jawaban yang kreatif dan unik. Dari jawabannya tersebut, Anda bisa menilai kepribadian dan minat kandidat tersebut.

4. Membuat Suasana Wawancara Lebih Santai

Pada umumnya, setiap orang justru tidak bisa menunjukkan bakat dan karakternya secara jujur saat wawancara. Ada berbagai hal yang melatarbelakanginya, misalnya rasa gugup atau takut. Jadi, terkesan jawaban yang mereka berikan hanya sekadar hapalan. Oleh karena itu, sebagai seorang HRD, sudah menjadi tugas Anda untuk membuat suasana wawancara bisa senyaman dan sesantai mungkin, sehingga kandidat juga bisa lebih santai serta terbuka saat menjawab berbagai pertanyaan penting tentang dirinya.

5. Menemukan Core Value dari Kandidat

Dibutuhkan keterampilan dan kejelian Anda untuk bisa menemukan menemukan core value dari kepribadian kandidat. Anda bisa mengganti beberapa pertanyaan yang biasa menjadi luar biasa karena membutuhkan jawaban yang lebih bermanfaat. Sebagai contoh, mengganti pertanyaa “apa kelemahanmu” dengan “pelajaran penting apa yang bisa Anda peroleh dari perusahaan sebelumnya”. Dengan pertanyaan seperti ini, Anda bisa melihat karakter kandidat dari jawaban yang diberikannya.

Iklan Alternatif Adsense

Orang yang berkualitas pasti akan menceritakan secara semangat keunggulan-keunggulan perusahaan kemarin tanpa membumbuinya dengan rasa ketidaknyamanan yang mungkin dia rasakan. Sebenarnya, tidak ada jawaban yang salah. Anda hanya menilai apakah jawabannya bisa menunjukkan tentang komitmen dan rasa ingin tahu yang besar terhadap sebuah perusahaan.

Itulah lima tips yang bisa Anda lakukan. Dengan menerapkan kelima tips tersebut, Anda dapat dengan mudah memilih karyawan berkualitas.Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.

----> Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai artikel
----> Jangan lupa centang notif
----> No SPAM!!! or LINK AKTIF Gunakan Name/URL
----> Jangan lupa JOIN THIS SITE or G+ n Fanspage