Bagaimana Strategi Bisnis Toko Kelontong Dengan Modal Kecil

1 comment
Strategi Bisnis Toko Kelontong

Catatanernest.com - Peluang bisnis rumahan seperti bisnis membuka toko kelontong memang sangat banyak diminati sebagian masyarakat. Bisnis kelontong dan sembako merupakan ide bisnis kreatif yang bisa anda jalankan dengan modal yang kecil.

Banyaknya bisnis kelontong yang menjamur saat ini bukan berarti peluang untuk membuka bisnis kelontong dan sembako menjadi kecil. Perlu adanya strategi bisnis yang matang agar bisnis kelontong yang anda buat bisa bertahan dan semakin maju.

Bisnis toko kelontong biasnya banyak diminiti oleh para wanita, karena itu bisnis kelontong ini biasa disebut bisnis ibu rumah tangga. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa para pria juga bisa menggeluti bisnis rumahan ini.

Jenis Barang Yang Biasa Di Jual Pada Toko Kelontong Dan Sembako

Perlu kita ketahui bahwa toko kelontong dan toko sembako itu berbeda pengertian. Toko kelontong biasanya menjual barang - barang yang bukan pokok, dan toko sembako menjual barang kebutuhan pokok. Biasanya Toko kelontong dan sembako dijadikan menjadi satu, sehingga biasa disebut dengan mini market.

Pada toko kelontong barang yang dijual biasanya :

- Alat Tulis : Buku, Pena, Pensil, Penghapus dan masih banyak lainnya.
- Alat Kantor
- Keperluan rumah tangga seperti : Sabun mandi, sabun cuci, shampo, sikat gigi, sapu dan berbagai alat dapur misalnya : wajan, cutil, saringan.
- alat kelistrikan seperti stopkontak, roll kabel, boklam lampu dan lain-lain

Berbeda dengan toko sembako, kita sudah paham pengertian sembako bukan? sembako adalah sembilan bahan pokok, jadi barang barang yang dijual pada toko sembako merupakan kebutuhan pokok seperti : Beras, Minyak, Telur, gula pasir, syuran, daging, dan masih banyak lagi.

Artikel Lain :
Bisnis Online Dropship
Modal Utama Menjalankan Bisnis



Bagaimana Tips Membangun Bisnis Rumahan Toko Kelontong dan Sembako Serta Strategi Bisnis Toko Kelontong Dengan Modal Kecil ?

Banyak orang memiliki ide kreatif untuk membangun bisnis mandiri seperti membuka toko kelontong dan sembako, namun ide itu pupus karena terkendala masalah tempat, persaingan dan yang terutama adalah modal.

Ingat jalan menuju sukses dimulai dengan langkah yang kecil, jadi jangan perdulikan tempat dan modal yang menurut anda besar. Mulailah membangun bisnis di rumah anda sendiri walaupun dengan tempat yang kecil dan modal yang minim, namun percayalah Tuhan akan membantu orang yang sudah berusaha.

Jika anda ingin membangun bisnis toko kelontong dengan modal yang kecil maka perhatikan hal berikut ini :

1.  Tentukan Lokasi Bisnis Anda

Jika anda memiliki modal kecil anda bisa mencari kios dengan harga murah, namun jika tidak ingin menyewa kios, anda bisa membuka toko kelontong dirumah anda sendiri. Hal itu bisa meminimalkan modal anda.

2. Menyiapkan Peralatan

Peralatan yang saya maksud sisini adalah etalase. Anda bisa membeli etalase bekas jika anda mau. Etalase ini bisa memajang barang dagangan anda, sehingga orang bisa melihat apa saja yang anda jual disana.

3. Barang Kelontong

Mulailah anda mencari barang untuk di jual di toko kelontong dan sembako anda. Carilah toko yang menyediakan harga grosir yang murah. Anda bisa survei terlebih dahulu dan membandingkan atara toko grosir yang A dengan yang B, pilih lah dengan bijak sesuai modal anda.
NB: Jika berbelanja barang dagangan selain belanja ditempat grosir, anda juga harus mempertimbangkan kondisi sekitar tempat anda berjualan, pikirkan apa yang dibutuhkan disekitar toko anda.

4. Tentukan Harga Barang

Mulailah membuat catatan untuk barang dagangan anda. Tentukan harga barang yang anda jual di toko kelontong dan sembako anda. Kalkulasi harga barang ongkos belanja-modal belanja-keuntungan jangan sampai anda menjual barang dengan harga yang rugi, tetapi perhatikan juga lingkungan disekitar anda. Jika ada kelontong yang serupa, anda bisa menyamakan harga atau menurunkan sedikit harga dari toko kelontong pesaing.

5. Mulailah Berpromosi

Promosi itu penting!! dengan anda berpromosi lalu lintas toko kelontong anda akan semakin ramai, dan keuntungan bisa semakin besar. Jangan hanya berpromosi, anda juga harus menjaga sosialisai dengan pembeli dan yang terutama dengan kelontong yang lain agar tidak ada syirik diantara kita.

6. Berdoa

Hal yang terakhir dan PALING penting adalah berdoa. Tanpa itu toko kelontong anda bukan apa - apa. Mintalah restu dari Tuhan supaya bisnis yang sedang anda bangun diberkati dan di jaga.

Itulah tips bisnis dan strategi bisnis kelontong dengan modal yang kecil. Semoga tips dan saran dari Admin ini bisa membuat anda sukses berbisnis kelontong dan sembako. Akhir kata saya ucapkan Sukses berbisnis kelontong dan terimaksih telah membaca artikel  dari Catatanernest.com. Sampai jumpa di artikel Bisnis lainnya.

1 komentar :

----> Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai artikel
----> Jangan lupa centang notif
----> No SPAM!!! or LINK AKTIF Gunakan Name/URL
----> Jangan lupa JOIN THIS SITE or G+ n Fanspage