Temukan 5 Contoh Strategi Bisnis Kreatif di Sini

Temukan 5 Contoh Strategi Bisnis Kreatif di Sini
Strategi Bisnis Yang Kreatif

Catatanernest.com - Strategi bisnis kreatif, tidak banyak pengusaha yang mengetahuinya. Bahkan, saat ini banyak orang yang mendirikan bisnis tanpa menyiapkan strategi apa pun. Jelas ini hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, dan modal saja. Sebab, tanpa adanya suatu perencanaan strategi, sama artinya merencanakan kegagalan bagi bisnis Anda. Selain merencanakan strategi, kecepatan dalam bergerak juga perlu diutamakan agar tidak tertinggal dengan tren pasar yang secara tiba-tiba beralih ke arah lain. Mau tahu contoh strategi bisnis kreatif yang bisa diterapkan di bisnis Anda? Simak artikel ini sampai selesai yuk!

1. Membuat Produk Lebih Unggul daripada Produk Pesaing

Salah satu strategi yang bisa diterapkan pada bisnis Anda adalah dengan membuat produk lebih unggul daripada produk pesaing. Dan, untuk bisa membuat produk lebih unggul, Anda wajib mengamati dan mempelajari kelemahan dari produk milik pesaing. Tujuan dari strategi ini jelas untuk merebut perhatian konsumen agar lebih tertarik pada produk Anda.

Baca : Yllix Sebagai Alternatif Adsense

2. Menggunakan Sosial Media untuk Berpromosi

Di era teknologi ini, berpromosi secara fisik saja tidaklah cukup, misalnya dengan brosur, pamflet, dan sebagainya. Sebab, konsumen yang bisa dijaring dengan cara ini sangatlah terbatas. Nah, salah satu media yang bisa digunakan untuk berpromosi dan mempunyai pasar lebih luas adalah internet. Baik Facebook, Instagram, blog, maupun Google Adv, sangat bagus untuk digunakan sebagai sarana berpromosi. Banyaknya pengguna internet membuat strategi bisnis ini akan lancar terkendali. Kelebihan lain dari penggunaan internet adalah tidak membutuhkan biaya mahal.

3. Memberikan Sampel Produk secara Gratis

Strategi bisnis ini sebenarnya sudah banyak yang menerapkan untuk menarik konsumen, sebagai contoh pengusaha makanan, minuman, dan minyak wangi. Mereka berharap, dengan mengetahui rasa atau aroma dari produknya, konsumen kemudian tertarik untuk melakukan pembelian. Terlebih jika pemberian sampel ini secara cuma-cuma. Banyak pelaku bisnis yang berhasil dengan menerapkan strategi ini.

4. Menggunakan Sistem Trial

Strategi bisnis ini biasanya digunakan untuk produk software, seperti game, YouTube, WordPress, dan sebagainya. Pada awal promosi hingga jangka waktu tertentu, user dipersilakan untuk menggunakan software tersebut secara gratis. Namun, setelah masa itu lewat, user harus membayar jika ingin menggunakannya. Ini tentu menjadi trik jitu bagi pemilik software tersebut.

5. Menggratiskan Produk untuk Mencari Iklan

Meskipun sangat menguntungkan, namun belum banyak yang menggunakan strategi bisnis ini. Sebab, dibutuhkan modal besar untuk bisa menerapkannya. Pada umumnya, yang sudah mengaplikasikan strategi ini adalah pebisnis yang menawarkan produk melalui internet. Pada awal peluncuran produk, mereka menggratiskan seluruh produk tersebut.

Dengan cara ini akan banyak pengunjung yang datang, baik untuk melihat produk maupun bertanya jawab terkait produk tersebut. Hal ini membuat traffic di situs itu menjadi ramai. Jika ini sudah terjadi, satu hal yang pasti adalah datangnya para advertising yang ingin memasang iklan di situs Anda. Dari sinilah Anda akan mendapatkan keuntungan besar. Sungguh, ini sebuah strategi bisnis kreatif.

Baca :  Mendapatkan Uang Tambahan Dari Blogspot